Organisasi dan Sistem Informasi


Organisasi dalam perspektif teknis dapat diartikan sebagai struktur sosial yang bersumber dari lingkungan dimana sumber tersebut kemudian diproses sehingga menghasilkan output yang diinginkan. Organisasi memproses inputan yang berasal dari lingkungan yang merupakan faktor produksi utama menjadi produk dan jasa melalui proses produksi. Ouput yang dihasikan kemudian berupa pruduk dan jasa dikonsumsi oleh lingkungan sehingga menyediakan modal dan tenaga kerja tambahan sebagai input yang akan kembali diproses.

Lalu bagimana keterkaitan antara organisasi dan sistem informasi? Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organsisasi. Sistem infromasi juga dapat diartikan sebagain kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya manusia untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output) berupa informasi guna mencapai sasaran yang diinginkan oleh organisasi. Berdasarkan definisi tersebut untuk membangun sebuah sistem informasi yang baik diperlukan pengoragisasian yang baik dan di dalam sebuah organisasi yang memiliki tujuan tertentu diperlukan dukungan sistem informasi yang baik pula.

orgnsia
Organisasi dalam perpektif teknis

Laudon dalam bukunya “Managing The Digital Firm” menyebutkan bahwa sistem informasi adalah satuan komponen yang saling berhubungan utuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kendali dalam suatu organisasi. Hubungan saling ketergantungan antara organisasi dan sistem informasi dapat dilihat pada gambar berikut.

sasaas
organisasi dan sistem informasi

Strategi bisnis organisasi, aturan, dan prosedur yang ada dalam sebuah organisasi sangat dipengaruhi oleh sistem informasi yang digunakan oleh organisasi tersebut begitu pula sebaliknya. Perubahan yang terjadi pada strategi bisnis, aturan dan prosedur kerja yang telah ditetapkan oleh organisasi harus mampu diikuti dengan perubahan pada perangkat lunak, perangkat keras, basis data, dan telekomunikasi yang mendukung sebuah sistem informasi. Sistem informasi dalam sebuah organisasi juga dapat dijadikan batasan pada organisasi karena apa yang diinginkan oleh organisasi sangat bergantung pada sistem informasi yang dijalankan di dalamnya.

Referensi

[1]     Laudon, Kenneth & Laudon, Jane. 2005. Mengelola Perusahaan Digital Edisi 8. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[2]     Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta


Leave a Reply