Info MK Proyek 1


Berikut perubahan timeline dan teknis pelaksanaan kuliah Proyek 1. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengakomodir output dari kajian 1 bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi proposal PKM AI-GT.
Timeline?
Berikut ini timeline untuk 16  pertemuan, disesuaikan dengan jadwal submit PKM pada 5 Feb 2017.
  1. Overview Proposal PKM & Contoh Proposal
  2. Literatur Review & Filter IDE (penetapan studi kasus)
  3. Konseling Proposal PKM (Judul dan Akun PKM)
  4. Assessment 1: Submit Proposal PKM (5 Feb)
  5. Teknik Wawancara & Kuesioner
  6. Literatur Review & Filter IDE
  7. Literatur Review & Filter IDE
  8. manajemen Proyek secara umum (Topik Group)
  9. manajemen Proyek secara umum (Topik Group)
  10. manajemen Proyek secara umum
  11. Assessment 2: Progress Proyek 1
  12. Konseling dan Progres Proyek dilapangan (UI/DB)
  13. Konseling dan Progres Proyek dilapangan (UI/DB)
  14. Konseling dan Progres Proyek dilapangan
  15. Konseling dan Progres Proyek dilapangan
  16. Assessment 3: Kompilasi tubes dari yg lain
Mekanisme pada Kajian 1?
  1. Pembagian Group (3 mahasiswa) diatur oleh dosen
  2. Untuk mahasiswa selain angkatan 40, maka dikelompokkan terpisah
  3. Pengerjaan IDE dan Proposal pada kajian 1 ini dilakukan secara group, namun output proposal yang dihasilkan harus secara individual (1 mahasiswa 1 judul PKM).
  4. Dalam group tersebut bisa mengikuti ketentuan IDE sbb,
    • Mengerjakan 1 studi kasus yang sama, namun fitur yang berbeda-beda
    • Mengerjakan IDE atau fitur yang sejenis, namun pada studi kasus yang berbeda
    • Mengerjakan IDE tanpa studi kasus, namun harus tetap ada User Target & Requirement yang jelas, dan pembagian pengerjaan fitur yang jelas
    • Pengembangan dari penelitian yang sudah ada sebelumnya, namun pembagian fitur harus tetap jelas
  5. Untuk memenuhi kebutuhan proposal PKM, maka mahasiswa pembuat proposal sebagai ketua tim dan rekan group nya sebagai anggota tim. sehingga dalam 1 group akan dihasilkan 3 proposal PKM.
  6. Deadline pengumpulan proposal PKM di upload ke DIKTI maksimal 5 Februari 2017.
  7. Untuk mendapatkan AKUN PKM dari DIKTI, maka diharapkan pada akhir pekan ke-2 (2 Feb 2017) semua judul dan group sudah FIX, untuk diajukan pembuatn akun oleh Universitas.
  8. Kita usahakan menargetkan mahasiswa untuk menyelesaikan Proposal sampai tanggal 2 Feb 2017. Karena proposal tersebut harus di ttd dulu oleh Warek IV, termasuk proses upload yang butuh loading juga.
  9. Setelah beres dengan Assessment 1 ini, baru kemudian kita melakukan penyesuaian untuk menyempurnakan lagi IDE Proyek.. misal dengan melakukan survey lapangan, studi literatur lanjutan, dan proses penyempurnaan secara teknis oleh dosen.

Tugas Untuk Minggu Depan?

Mulailah utk main ke perpustakaan utk mencari inspirasi, jika belum mendapatkan ide, jika sudah silahkan cari topik – topik terkait dari makalah ilmiah lewat mbah google atau melalui Proyek Akhir/Tugas Akhir Mahasiswa yang ada di Perpustakaan.

Beberapa hal yg hrs menjadi concern dlm mempelajari produk2 IT atau rancangan produk atau konsep2 implementasi IT yg dihasilkan di PA/TA shg dpt menjadi inspirasi utk Proyek 1 dan cikal bakal Proyek Akhir adalah sbb:

  1. Untuk dapat dinilai di matakuliah Proses Bisnis, produk IT harus diimplementasikan di suatu organisasi sesuai dg visi, misi, dan tujuan organisasi.
  2. Untuj dapat dinilai di MK Perancangan Basis Data, produk IT harus mendukung pengolahan data dan menghasilkan informasi yg sesuai dg kebutuhan organisasi

Di pertemuan berikutnya mahasiswa wajib memberikan progres/laporan berupa:

  1. Judul PA/TA atau Makalah ilmiah yg sudah dibaca termasuk penulisnya. Pilih min 3 judul PA/TA atau makalah ilmiah yg dijadikan sebagai inspirasi topik yang akan diajukan.
  2. Permasalahan (rumusan masalah) yg diangkat serta tujuan nya
  3. Kontribusi IT dalam menyelesaikan permasalahan yg diangkat
  4. Calon judul Proyek 1 (gagasan tertulis yg kreatif utk menyelesaikan permasalahan di suatu organisasi)
  5. Mohon disiapkan hal tersebut dalam bentuk presentasi dengan Power Point dan dikirimkan sebelum pelaksanaan perkulaihan di minggu ke dua ke email dosen : [email protected]

Leave a Reply