Bagaimana IT Mengubah Sifat Suatu Pekerjaan


Menciptakan Jenis Pekerjaan Baru

Kemajuan dalam bidang IT memberikan seperangkat alat yang memungkinkan pekerja individual lebih produktif dan meningkatkan kemampuan mereka. IT Telah menghasilkan pekerjaan baru atau mendefinisikan ulang pekerjaan yang sudah ada. IT memungkinkan perbaikan terus menerus untuk suatu pekerjaan yang biasa dilakukan secara konvensional tanpa melibatkan IT di dalamnya. Beberapa pekerjaan baru dalam bidang IT di antaranya adalah programmer, analysis, manager IT, desain web, konsultan It dan masih banyak yang lainnya. Departemen sistem informasi mempekerjakan individu yang membantu menciptakan dan mengelola teknologi, seperti analis sistem, database administrator, administrator jaringan, dan konsultan keamanan jaringan. Internet telah melahirkan banyak jenis pekerjaan, seperti Web master dan desainer web. Hampir setiap departemen dalam setiap bisnis memiliki seseorang yang  mengetahui komputer sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

Menciptakan Cara Baru Untuk Melakukan Pekerjaan Tradisional

IT telah menciptakan cara baru dalam melakukan pekerjaan trasional melaui perubahan cara kerja, pola komunikasi, pengambilan keputusan dan pemrosesan informasi serta kolaborasi. Bagaimana IT merubah pola kerja tradisional? Saat ini pekerjaan tradisional banyak menggunakan komputer sebagai alat bantunya. Pengenalan IT dalam sebuah organisasi akan mengubah tugas sehari-hari yang dilakukan oleh individu dalam sebuah organisasi. Dengan menggunakan IT dalam bekerja maka biaya dan waktu yang diperlukan untuk mengakses informasi jauh lebih sedikit sehingga membuka peluang para pekerja untuk mempelajari hal-hal baru lainnya. Pekerja yang berbeda harus mempelajari keterampilan baru untuk melakukan pekerjaan baru dimana sebelumnya dilakukan oleh individu namun saat ini sudah dikendalikan oleh sebiah sistem informasi. Selain itu adanya internet memungkinkan perubahan dalam berbagai jenis pekerjaan.

Selain merubah pola kerja, IT juga mengubah pola pola komunikasi antara individu dalam organisasi. Telepon seluler (ponsel) dan perangkat komunikasi lainnya telah mengubah lingkungan komunikasi. Seorang manajer dapat memerinbtahkan suatu pekerjaan pada anak buahnya tanpa harus bertemu dan mereka dapat mengontrol pekerjaan yang di lakukan melalui orang-orang yang ditunjuk dalam sebuah organisasi. Perangkat komunikasi memungkinkan beberapa pekerja tidak perlu melakukan komunikasi dengan rekan kerja lainnya secara teratur (bertemu langsung). Namun demikian agar informasi yang dihasilakn up to date maka diperlukan akses yang cukup banyak dan berkelanjutan.

Perubahan yang terjadi pada sistem informasi tentu merubah strategi bisnis dan organisasi. Perubahan IT juga berdampak pada pengambilan keputusan serta pemrosesan informasi. Penggunaan IT dalam organisasi merubah proses pengambilan keputusan dan juga merubah penggunaan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Dengan menggunakan IT pemrosesan data yang digunakan untuk membuat informasi lebih akurat dan cepat dapat diperoleh dari proses yang sedang berlangsung sehingga dapat mendorong pekerja untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait dengan pekerjaannya. Jumlah nformasi yang tersedia bagi pekerja cukup banyak sehingga memungkinkan peningkatan arus informasi kepada manajemen level atas sehingga organisasi bisa lebih ramping.

Refrensi

Keri E. Pearlson Dan Carol S. Saunders,  Managing and Using Information Systems A Strategic Approach, 2010, John Wiley & Sons, Inc


Leave a Reply